Di Google Indonesia, Valentine lebih heboh dari Kelud

Merdeka.com - Letusan dari Gunung Kelud pada 14 Februari 2014 dini hari membuat seisi Indonesia heboh. Namun, hal ini ternyata tak mampu mengalahkan kehebohan hari Valentine yang terjadi bertepatan dengan hari itu.
Hal ini terlihat dari aktivitas pencarian terbanyak orang Indonesia lewat mesin pencari Google. Pantauan merdeka.com (15/2), pada tanggal 13 Februari lalu ternyata lebih banyak orang Indonesia mencari serba-serbi Valentine ketimbang update terkini dari Gunung Kelud.
Tercatat, beberapa kata kunci seperti Valentine, Kata Kata Valentine, Ucapan Valentine, Sejarah Valentine, dan Hari Valentine mampu menghiasi puncak tertinggi kata kunci yang paling banyak di cari pada hari itu. Sementara, kata kunci yang berhubungan dengan Gunung Kelud sama sekali tidak terlihat.
kelud
Kata kunci Gunung Kelud sendiri baru terlihat jadi pemuncak Google Trends pada 12 Februari lalu di mana Gunung Kelud masih dalam status berpotensi akan meletus. Setelah itu, tidak ada lagi pencarian denga kata kunci Gunung Kelud yang menjadi pemuncak Google Trends.
Fenomena berbeda justru terlihat di jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook. Sangat banyak orang yang menunjukkan kepeduliannya terhadap situasi di Gunung Kelud. Sebagai contoh kecil saja, di Twitter, dalam 3 hari ini, hashtag #Prayforkelud tetap bertengger di 5 besar, sedangkan hashtag berbau Valentine's Day, walaupun masuk dalam trending topik namun hashtag tersebut hanya mampu berada di penghujung daftar saja.
Bahkan di Facebook, tidak sedikit yang menuliskan hashtag tersebut daripada Valentine's Day.

www.merdeka.com

0 comments: