SEJARAH DAN FUNGSI PUBLIC RELATIONS SECARA SINGKAT


Sebelum menganalisis tentang definisi public relations saya ingin menjelaskan terlebih dahulu apa itu public dan apa itu relations . public adalah orang-orang yang mempunyai kepentingan yang sama dengan organisasi ataupun perusahaan baik secara internal maupun external.sementara relations berasal dari bahasa inggris yang berarti hubungan (jamak).
Public relations adalah usaha yang direncanakan secara terus-menerus dengan sengaja,guna membagun dan mempertahankan pengertian timbal balik antara organisasi dengan publiknya(Coulsin-thomas).saya berpendapat bahwa dalam definisi yang diungkapkan oleh Thomas Coulsin diatas menekankan pada pengertian timbal balik, ini menunjukan bahwa public relations itu sebuah proses yang bertujuan menjalin komunikasi antara organisasi dan pihak luar organisasi(publik) agar tidak terjadi gesekan atau kesalahpahan antara keduanya.
Tentunya public relations tidak terlepas dari sejarahnya. Timbul pertanyaan kemudian kapan sebenarnya public relations ini dipraktekkan?. Para ahli sejarah menyatakan bahwa pub lic relations telah dipraktekkan sejak zaman neolithic. Namun secara melembaga public relations baru dipraktekkan walaupun masih sederhana pada zaman gilda di eropa,mereka membentuk perkumpulan dagang guna merebut pasar mereka bersaing dengan meningkatkan produksi,mempertinggi kualitas dan meningkatkan pelayanan.
Perkembangan public relations diamerika sebagai tempat lahirnya ilmu pengetahuan ini mengalami pasang surut melihat periode-periode dibawah ini
·         Periode Public be dammed (1865 – 1900) dalam priode ini muncul anggapan bahwa Public tidak perlu mendapatkan perhatian kerena yang penting adalah mechine,money,dan skilled . Itulah sebabnya Public Relations disebut priode acuh tak acuh.
·         Periode Public be informed ( 1900-1919 )
 peralihan dari masa acuh tak acuh terhadap public ke-orentasi publik walupun hanya terbatas pada pemberian informasi sepihak .
·         Periode The Rise of a new profession (1919-1929) Public Relations masuk ke periode  kedewasaan kerena disamping keinginan memberi informasi juga di harapkan terjadinya feed Back dari public.
·         Periode Public Relations comes of age (1929-1941) di mana Public Relations berkembang sebagai sutau keahlian (Profesi) dan sudah dirasakan pentingnya bagi, organisasi/badan/ perusahaan
·         Periode The era of integration (1941-1951) Public Relations meningkat dari profesi (keahlian) yang khusus menjadi suatu cabang ilmu pengetahuan.
Dan public relations sebagai ilmu pengetahuan pertama kali diajarkan di Universitas Boston ,Amerika serikat pada tahun 1940 .
            Fungsi-fungsi public relations sebagai berikut:
·         Menunjang aktifitas utama manajemen dalam mencapai tujuan bersama.
·         Membina hubungan yang harmonis antara organisasi dengan publiknya.
·         Mengidentifikasi segala sesuatu yang berkaitan dengan opini,persepsi,dan tanggapan publik terhadap organisasi.
·         Menciptakan komunikasi dua arah dan mengatur arus informasi ,publikasi serta pesan dari organisasi ke publiknya.
·         Melayani keinginan publik dan memberikan sumbang saran kepada pimpinan.

Public relations terdiri dari dua bagian yaitu Coorporate public relations(CPR) dan marketing public relations (MPR).Coorporate public relations lebih berorientasi terhadap pembentukan dan mempertahankan citra baik organisasi,dan publiknya luas.Marketing public relations adalah kegiatan perencanaan,implementasi,evaluasi progam-program komunikasi yang menarik dan dapat dipercaya yang dapat merangsang kebutuhan konsumen.MPR memiliki publik yang lebih sempit yaitu konsumen.
            Press release adalah  sebuah berita yang disusun oleh sebuah organisasi yang menggambarkan kegiatannya, yang kemudian dikirimkan kepada media massa untuk dapat disiarkan melalui media massa tersebut. Kepada redaksi media-media massa tersebut press release dikirim oleh praktisi humas yang mewakili suatu organisasi, untuk dapat dimuat di dalamnya.press release sangat penting karena press release berisi penjelasan,tanggapan maupun klarifikasi suatu organisasi terhadap masalah atau isu yang dihadapinya.

0 comments: