SEJARAH DAN FUNGSI PUBLIC RELATIONS SECARA SINGKAT
Sebelum menganalisis tentang definisi public relations saya ingin
menjelaskan terlebih dahulu apa itu public dan apa itu relations . public
adalah orang-orang yang mempunyai kepentingan yang sama dengan organisasi
ataupun perusahaan baik secara internal maupun external.sementara relations
berasal dari bahasa inggris yang berarti hubungan (jamak).
Public relations adalah usaha yang direncanakan secara terus-menerus
dengan sengaja,guna membagun dan mempertahankan pengertian timbal balik antara
organisasi dengan publiknya(Coulsin-thomas).saya berpendapat bahwa dalam
definisi yang diungkapkan oleh Thomas Coulsin diatas menekankan pada pengertian
timbal balik, ini menunjukan bahwa public relations itu sebuah proses yang
bertujuan menjalin komunikasi antara organisasi dan pihak luar
organisasi(publik) agar tidak terjadi gesekan atau kesalahpahan antara
keduanya.
Tentunya public relations tidak terlepas dari sejarahnya. Timbul
pertanyaan kemudian kapan sebenarnya public relations ini dipraktekkan?. Para
ahli sejarah menyatakan bahwa pub lic relations telah dipraktekkan sejak zaman
neolithic. Namun secara melembaga public relations baru dipraktekkan walaupun
masih sederhana pada zaman gilda di eropa,mereka membentuk perkumpulan dagang
guna merebut pasar mereka bersaing dengan meningkatkan produksi,mempertinggi
kualitas dan meningkatkan pelayanan.
Perkembangan public relations diamerika sebagai tempat lahirnya ilmu
pengetahuan ini mengalami pasang surut melihat periode-periode dibawah ini
·
Periode
Public be dammed (1865 – 1900) dalam priode ini muncul anggapan bahwa Public
tidak perlu mendapatkan perhatian kerena yang penting adalah mechine,money,dan
skilled . Itulah sebabnya Public Relations disebut priode acuh tak acuh.
·
Periode Public be informed ( 1900-1919 )
peralihan dari masa acuh tak acuh
terhadap public ke-orentasi publik walupun hanya terbatas pada pemberian informasi
sepihak .
·
Periode
The Rise of a new profession (1919-1929) Public Relations masuk ke periode kedewasaan kerena disamping keinginan memberi
informasi juga di harapkan terjadinya feed Back dari public.
·
Periode Public Relations comes of age (1929-1941) di
mana Public Relations berkembang sebagai sutau keahlian (Profesi) dan sudah dirasakan
pentingnya bagi, organisasi/badan/ perusahaan
·
Periode The era of integration (1941-1951) Public
Relations meningkat dari profesi (keahlian) yang khusus menjadi suatu cabang
ilmu pengetahuan.
Dan public
relations sebagai ilmu pengetahuan pertama kali diajarkan di Universitas Boston
,Amerika serikat pada tahun 1940 .
Fungsi-fungsi public relations
sebagai berikut:
·
Menunjang
aktifitas utama manajemen dalam mencapai tujuan bersama.
·
Membina
hubungan yang harmonis antara organisasi dengan publiknya.
·
Mengidentifikasi
segala sesuatu yang berkaitan dengan opini,persepsi,dan tanggapan publik
terhadap organisasi.
·
Menciptakan
komunikasi dua arah dan mengatur arus informasi ,publikasi serta pesan dari
organisasi ke publiknya.
·
Melayani
keinginan publik dan memberikan sumbang saran kepada pimpinan.
Public relations terdiri dari dua bagian
yaitu Coorporate public relations(CPR) dan marketing public relations
(MPR).Coorporate public relations lebih berorientasi terhadap pembentukan dan
mempertahankan citra baik organisasi,dan publiknya luas.Marketing public
relations adalah kegiatan perencanaan,implementasi,evaluasi progam-program
komunikasi yang menarik dan dapat dipercaya yang dapat merangsang kebutuhan
konsumen.MPR memiliki publik yang lebih sempit yaitu konsumen.
Press release adalah sebuah
berita yang disusun oleh sebuah organisasi yang menggambarkan kegiatannya, yang
kemudian dikirimkan kepada media massa untuk dapat disiarkan melalui media massa
tersebut. Kepada redaksi media-media massa tersebut press release dikirim oleh
praktisi humas yang mewakili suatu organisasi, untuk dapat dimuat di dalamnya.press
release sangat penting karena press release berisi penjelasan,tanggapan maupun
klarifikasi suatu organisasi terhadap masalah atau isu yang dihadapinya.
0 comments: