7 ELEMEN KOMUNIKASI
Seluruh interaksi manusia selalu didasari oleh komunikasi (Johnson
& Johnson, 1997). Melalui komunikasi, setiap manusia akan mencapai
pemahaman satu sama lain, membangun kepercayaan, dan merencanakan
strategi untuk mencapai tujuan bersama. Pada setiap proses komunikasi,
terdapat tujuh elemen yang mendukung terciptanya pertukaran pesan, yaitu
sumber, pesan, saluran, penerima, hambatan, tanggapan, dan situasi.
1. Source (sumber)
Sumber adalah seseorang yang berperan dalam proses komunikasi. Orang yang berperan dari komunikasi adalah pengirim (sender), penyandi (encoder), komunikator, dan pembicara (speaker).
2. Message (pesan)
Pesan adalah hal-hal yang dikomunikasikan oleh sumber kepada penerima. Pesan merupakan seperangkat simbol verbal maupun nonverbal yang berisi ide, sikap, dan nilai dari pengirim (sender). Pesan memiliki tiga komponen, yaitu:
Saluran adalah alat atau wahana yang digunakan sumber/sender untuk menyampaikan pesannya kepada penerima (receiver).
4. Receiver (penerima)
Penerima adalah orang yang menerima pesan. Penerima pesan sering disebut dengan sasaran/tujuan, penyandi-balik (decoder) atau khalayak (audience).
5. Barriers (hambatan)
Hambatan adalah faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan dalam pemaknaan pesan yang sender sampaikan kepada receiver. Hambatan ini bisa berasal dari pesan, saluran, dan pendengar. Ada beberapa teori yang menggunakan istilah noise (derau) untuk menyebut elemen pengganggu. External noise meliputi latar belakang pembicaraan, lingkungan, dan teknis saluran, sedangkan internal noise meliputi aspek psikologi peserta komunikasi maupun aspek semantik, misalnya sebuah kata yang mengandung ambiguitas. Hambatan komunikasi meliputi perbedaan persepsi, permasalahan bahasa, kurang mendengarkan, perbedaan emosional, dan perbedaan latar belakang.
6. Feedback (tanggapan)
Feedback adalah reaksi dan respons pendengar atas komunikasi yang sender lakukan. Feedback bisa dalam bentuk komentar langsung/tertulis, surat, atau polling. Feedback mengatur aksi komunikasi kita. Feedback negatif biasanya berupa kritik atau penolakan, sedangkan feedback positif biasanya berupa pujian.
7. Situation (situasi)
Situasi adalah salah satu elemen paling penting dalam proses komunikasi pidato. Komunikasi harus berlangsung pada suatu kondisi/konteks. Situasi atau keadaan selama komunikasi berlangsung berpengaruh terhadap mood pembicara maupun pendengar, saluran/media yang dipakai, dan feedback audience. Situasi dapat dibagi menjadi dua, yaitu physical context dan social context.
Daftar Pustaka:
1. Source (sumber)
Sumber adalah seseorang yang berperan dalam proses komunikasi. Orang yang berperan dari komunikasi adalah pengirim (sender), penyandi (encoder), komunikator, dan pembicara (speaker).
2. Message (pesan)
Pesan adalah hal-hal yang dikomunikasikan oleh sumber kepada penerima. Pesan merupakan seperangkat simbol verbal maupun nonverbal yang berisi ide, sikap, dan nilai dari pengirim (sender). Pesan memiliki tiga komponen, yaitu:
- makna,
- simbol yang digunakan dalam menyampaikan makna, serta
- bentuk atau organisasi pesan.
Saluran adalah alat atau wahana yang digunakan sumber/sender untuk menyampaikan pesannya kepada penerima (receiver).
4. Receiver (penerima)
Penerima adalah orang yang menerima pesan. Penerima pesan sering disebut dengan sasaran/tujuan, penyandi-balik (decoder) atau khalayak (audience).
5. Barriers (hambatan)
Hambatan adalah faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan dalam pemaknaan pesan yang sender sampaikan kepada receiver. Hambatan ini bisa berasal dari pesan, saluran, dan pendengar. Ada beberapa teori yang menggunakan istilah noise (derau) untuk menyebut elemen pengganggu. External noise meliputi latar belakang pembicaraan, lingkungan, dan teknis saluran, sedangkan internal noise meliputi aspek psikologi peserta komunikasi maupun aspek semantik, misalnya sebuah kata yang mengandung ambiguitas. Hambatan komunikasi meliputi perbedaan persepsi, permasalahan bahasa, kurang mendengarkan, perbedaan emosional, dan perbedaan latar belakang.
6. Feedback (tanggapan)
Feedback adalah reaksi dan respons pendengar atas komunikasi yang sender lakukan. Feedback bisa dalam bentuk komentar langsung/tertulis, surat, atau polling. Feedback mengatur aksi komunikasi kita. Feedback negatif biasanya berupa kritik atau penolakan, sedangkan feedback positif biasanya berupa pujian.
7. Situation (situasi)
Situasi adalah salah satu elemen paling penting dalam proses komunikasi pidato. Komunikasi harus berlangsung pada suatu kondisi/konteks. Situasi atau keadaan selama komunikasi berlangsung berpengaruh terhadap mood pembicara maupun pendengar, saluran/media yang dipakai, dan feedback audience. Situasi dapat dibagi menjadi dua, yaitu physical context dan social context.
Daftar Pustaka:
- Dimbleby, R. & Burton, G. (2001). More Than Words An Introduction to Communication Third Edition. New York: Routledge.
- Johnson, D., Johnson, F. (1997). Joining together theory and group skills, Sixth edition. New York: Allyn & Bacon Company
0 comments: